Jogjakarta News Online -Wonosari - Selama satu bulan terakhir ini kurang lebih 5 peristiwa bus atau truk melorot bahkan terperosok di jalur Wonosari-Jogja ini. Tempat  yang dianggap paling rawan terjadi kecelakaan yang sangat mungkin membawa korban adalah di tikungan menanjak Slumprit, Patuk,Gunungkidul, Yogyakarta

Sebagian besar merupakan truk muatan barang lewat di sana. Diantaranya truk muatan batu kapur dan  truk muatan pasir yang  belum lama ini truk muatan sembako.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP M Faizal Pratama yakni  S.Ik mengatakan, selain karena faktor medan yang sulit yaitu kondisi jalan menikung dan menanjak juga  faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di lokasi tanjakan Slumprit adalah dari kesiapan kendaraan dan faktor manusia itu sendiri (Human Error) .

"Kadang pengemudi hanya mengecek bahan bakar saja  padahal hal-hal penting lain seperti rem, kondisi ban dan mesin juga penting dilakukan pengecekan sedetail mungkin ," katanya saat di temui di kantornya, Kamis lalu (28/08/2014).

Pengalaman berkendara dan kehati-hatian atau konsentrasi dalam berkendara juga sering diabaikan pengemudi sehingga menyebabkan kecelakaan maut .

"Kondisi fisik pengemudi juga sebagai factor penentu kecelakaan, apakah mengkonsumsi alkohol atau ngantuk itu juga sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Menurut Faizal, jika di lihat  dari sisi rambu-rambu dan  pembatas jalan sampai marka di sekitar lokasi tanjakan Slumprit sudah cukup representatif. Hanya saja  yang masih perlu ditekankan kepada pengguna jalan adalah kesiapan kendaraan dan manusia itu sendiri.

"Kita selalu berkoordinasi dengan Dishubkominfo dalam hal rambu-rambu lalulintas . Akan tetapi  sampai saat ini saya menilai itu sudah cukup," pangkasnya.




0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan

 
Top