Jogjakarta News Online -Apakah Anda sering mengalami sulit tidur ? Ataupun tidur di atas kasur meski sprei ataupun kasur yang digunakan tampak nyaman, pastikan Anda mampu mengenali dengan baik faktor apa saja yang menjadi penyebab kesulitan tidur yang dialami oleh anda.

Salah satu penyebab kesulitan tidur tersebut bisa jadi disebabkan banyak faktor  pengganggu  yang ada pada seprei sehingga ikut berpengaruh terhadap kesehatan anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dicermati untuk mengatasi sulit tidur di atas kasur  pada malam hari:

Debu dan Tungau
Cara mengatasi sulit tidur yang mungkin menimbulkan ketidaknyamanan Anda bisa disebabkan adanya debu dan tungau yang telah lama menempel di perlengkapan tidur yang dimiliki di rumah . Debu dan tungau ini juga dapat masuk pada pori-pori bantal dan guling serta serat selimut anda. Kotoran yang dihasilkan tungau inilah yang berpotensi menyebabkan alergi pada Anda dengan diikuti serangan asma ketika tidur anda. Untuk mengatasi sulit tidur tersebut maka  sering-seringlah menjemur bantal, guling, dan kasur Anda bila jarang digunakan agar debu dan tungau lenyap dari tempat tidur dan peralatan tidur anda.

Beralih ke Serat Alami
Bagi Anda yang memiliki kulit sangat sensitif terhadap berbagai jenis kain yang terbuat dari bahan sintetis sehingga menyebabkan sulit tidur nyenyak di tempat tidur , anda coba  beralih ke material yang menggunakan serat alami. Serat alami yang terbuat dari bahan kapas, wol, atau sutra akan menjauhkan kulit Anda dari iritasi seperti kulit yang kemerahan . Selain itu anda juga harus memeriksa isi bantal dan guling untuk mengetahui apakah di dalamnya terdapat bahan sintetis lainnya atau tidak, hal tersebut sebagai upaya untuk mengatasi gangguan saat tidur nanti.

Memilih Tenunan yang  Padat
Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tidur karena alergi seperti gatal-gatal atau sesak napas adalah dengan memilih seprei yang memiliki serat  padat dan tidak lembek. Tenunan perlengkapan seprei yang lebih padat mampu menghambat masuknya debu dan tungau ke dalam serat seprei sehingga udara yang menempel di permukaan produk inipun akan lebih bersih dan sehat bagi pernapasan anda. Anda juga dapat mengatasi gangguan tidur dengan memasang sarung pelindung hypoallergenic pada permukaan sarung bantal dan guling sehingga aman digunakan ketika tidur anda.

Cobalah Produk Down-Alternative Comforter
Untuk Anda yang justru alergi pada bahan alami terutama bulu hewan coba menggunakan down-alternative comforter yang merupakan selimut tebal berbahan sintetis dapat dijadikan pilihan sebagai pelengkap seprei anda. Down-alternative comforter diisi dengan bahan-bahan sintetis seperti rayon atau polyester maupun kombinasi bahan wol dan bahan sintetis. Meski masih menyimpan unsur hewani akan  tetapi bahan wol memiliki sifat anti debu dan tahan pada berbagai faktor pemicu alergi yang menyebabkan sulit tidur anda.

Memory Foam
Jenis bahan berikutnya yang dapat menyebabkan Anda alergi adalah busa pengisi pada bantal dan guling anda . Pilihlah bantal dan  guling serta  kasur yang berlabel memory foam karena busa ini dilengkapi dengan tekstur anti-mikroba sehingga dapat mengatasi alergi yang memungkinkan untuk mencegah perkembangbiakkan mikroba di dalam perlengkapan tidur .

Nah, di atas  beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi sulit tidur di atas kasur Anda. Ketepatan memilih segala macam perlengkapan tidur  di mulai dari seprei, busa pengisi bantal, guling, dan kasur akan memperkecil risiko terjadinya gangguan kesehatan pada saat beristirahat malam anda.









0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan

 
Top