Jogjakarta News Online -Ubi singkong merupakan tanaman lahan kering yang mampu bertahan hidup dengan sedikit air saja. Dibalik stigma negatif tentang singkong yang melekat pada masyarakat tradisioanl gunungkidul, ternyata tersaji aneka makanan dari singkong yang cukup menggoda selera dan layak untuk dinikmati bagi semua kalangan muda maupun tua.

Berikuti ini sebagian aneka makanan dari singkong , yang sampai saat ini masih terjaga dan bahkan sudah masuk ke ranah nirlaba.

1. Tiwul



Tiwul pada awalnya menjadi makanan pokok bagi masyarakat jawa tengah, jogja dan sekitar. Akan tetapi seiring perkembangan jaman tiwul sendiri sudah diolah sedemikian rupa untuk disajikan dalam sebuah warung makan khas tradisional  ataupun hanya masyarakat tertentu saja yang masih bisa mengkonsumsi tiwul ini.

Sampai  saat ini tiwul masih banyak dijumpai di wilayah kabupaten Gunungkidul bagian selatan ,  notabene sebagai penghasil singkong mayoritas bagi penduduknya.
Tiwul sendiri dibuat dengan cara dari proses singkong dibersihan kulitnya lalu  dikeringkan, kemudian dibuat tepung baru kemudian dioleh menjadi olahan seperti “nasi” yang kebanyak bisa ditemui.
Tiwul biasa dimakan ,dengan lauk pauk ikan asin, sambel bawang + lalapan atupun dengan parutan kelapa saja.

2. Gathot



Gatot berasal dari singkong yang sudah dikeringkan yang kemudian dikukus supaya “empuk”. Dalam proses penyajiannya dengan ditaburi parutan kelapa di atasnya + ditaburi gula.

3. Cemplon



Cemplon dibuat dari singkong yang masih basar (baru cabut dari pohon). Setelah proses pembersihan kulit lalu  singkong diparut. Kemudian hasil parutannya kemudian diperas agar berkurang kadar airnya.
Ciri khas dari cemplon yaitu sendiri dibuat bulat lantas dibagian tengahnya diberi gula jawa. Dan proses akhirnya tinggal penggorengan.

Penyajian cemplon nikmat dengan air teh , yang di pakai untuk pendamping camilan cemplon ini.
Di atas  hanya 3 macam olahan dari singkong dulu walaupun masih banyak macam aneka makanan dari singkong lainnya. yakni krecek singkong (manggleng, lemet, Patilo, Tela-tela,  Kripik Singkong dan lain sebaginya.




0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan

 
Top